Shop

Arrow Right

My Cart

Arrow Right

Ingin Berkarier di Bidang IT? Kenali Apa Itu Sertifikasi IT Specialist

Jika kamu mau berkarier di dunia IT, sertifikasi IT Specialist bisa menjadi poin plus supaya kamu bisa memiliki skill yang dibutuhkan! Pelajari lebih lanjut cara mendapatkannya.

Posted: Friday, Jan 21, 2022

Share:

Ingin Berkarier di Bidang IT? Kenali Apa Itu Sertifikasi IT Specialist cover

Kompetisi semakin ketat, kualifikasi diri harus semakin meningkat. Sertifikasi IT Specialist dari Pearson VUE masih belum banyak diketahui khalayak, padahal bisa sangat membantu dalam memaksimalkan prospek karier di bidang IT.


Baca artikel ini sampai habis agar kamu memahami lebih dalam tentang sertifikasi IT Specialist dan bagaimana cara mendapatkannya!

Prospek Karier di Bidang IT

Dunia informasi teknologi terus berkembang sangat signifikan dari waktu ke waktu.

Dalam laporan “Future of Jobs” yang dirilis oleh World Economic Forum (WEF) tahun 2020, sebagian besar profesi yang sangat dibutuhkan di masa depan berkaitan erat dengan penggunaan teknologi. 


Hal yang tidak jauh berbeda juga diungkapkan dalam laporan “The Future of Work After Covid-19” oleh Mckinsey Global Institute bahwa tren remote work diperkirakan akan terus berlanjut serta adopsi teknologi automasi dan AI yang akan terus meningkat. 


Dari data di atas, dapat kita lihat bahwa masa depan profesi-profesi di bidang IT masih diprediksi akan banyak dibutuhkan. Namun, perlu disadari juga bahwa ini juga berarti akan lebih banyak orang yang berminat untuk meniti karier di bidang IT tersebut.


Jika kamu adalah salah satunya, apa yang sudah kamu persiapkan untuk bisa bersaing di industri teknologi yang semakin ketat? Memiliki sertifikasi IT bisa jadi salah satu solusi agar kamu memiliki kualifikasi yang lebih baik dibandingkan mereka yang belum bersertifikasi.


Baca Juga: 5 Profesi di Bidang IT yang Paling Menjanjikan

Apa itu Sertifikasi IT Specialist?

Sertifikasi IT Specialist dari Pearson VUE merupakan sertifikasi internasional untuk meningkatkan skill IT kamu di entry level. Skill yang dipelajari dalam sertifikasi ini merupakan kompetensi yang dicari oleh para banyak employer, mengingat masih ada gap antara skill yang dimiliki oleh lulusan dengan kebutuhan industri. 


Kamu bisa memvalidasi kemampuan dan pengetahuan kamu di berbagai topik IT, termasuk software development, database administration, networking and security, mobility and device management, dan coding.


Setidaknya ada 14 jenis program sertifikasi IT Specialist yang bisa kamu pilih, di antaranya adalah:

  • IT Specialist Cyber Security

  • IT Specialist Networking

  • IT Specialist Network Security

  • IT Specialist Computational Thinking

  • IT Specialist Python

  • IT Specialist Cloud Computing

  • IT Specialist Artificial Intelligence

  • IT Specialist Software Development

  • IT Specialist Database

  • IT Specialist HTML5 Application Development

  • IT Specialist Javascript

  • IT Specialist Java

  • IT Specialist HTML & CSS

  • IT Specialist Device Configuration & Management

Baca Juga: Apa itu Sertifikasi Microsoft Certified Fundamentals?

Cara Mendapatkan Sertifikasi IT Specialist

Kamu harus memutuskan terlebih dahulu sertifikasi IT Specialist jenis apa yang ingin kamu ikuti. Jika kamu sudah yakin, kamu bisa mendaftar ujian di penyedia ujian sertifikasi IT Specialist, salah satunya di MyEduSolve.


Caranya:

  1. Buat akun di myedusolve.com

  2. Buka halaman myedusolve.com/shop

  3. Silakan cari ‘IT Specialist’ di kolom pencarian, lalu pilih program sertifikasi IT Specialist yang ingin kamu ikuti.

  4. Klik ‘Buy’

  5. Kamu bisa pilih fasilitas tambahan seperti CertPREP untuk belajar dan simulasi ujian, atau retake voucher untuk mendapatkan 1x ujian ulang jika kamu gagal lulus di ujian pertama.

  6. Lakukan pembayaran dan selesai! Kamu tinggal menunggu informasi lebih lanjut dari kami mengenai jadwal dan tata cara ujian.


Baca Juga: Strategi Mencantumkan Sertifikat di CV untuk Melamar Kerja

Demikian informasi tentang prospek karier di bidang IT serta sertifikasi IT Speciailst yang bermanfaat agar kamu bisa meningkatkan peluang untuk sukses berkarier di industri teknologi. Sertifikasi internasional sangat penting mengingat semakin banyak orang yang mau mengejar karier di bidang ini. Tetap semangat dan jangan berhenti belajar!


Referensi:

The Future of Work After Covid-19. Diakses pada 21 Januari 2022.

The Future of Jobs Report 2020. Diakses pada 21 Januari 2022.

Information Technology Specialist certification. Diakses pada 21 Januari 2022.


Related Tags

karier di bidang it
sertifikasi
it specialist

6,887

Recommended Articles

Suggest a Topic

What topics are you interested in learning more about? We want to hear from you! Share with us your feedback and article suggestions for our blog.